SALAM SELAMAT DATANG

"ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH" SELAMAT DATANG DI JELI.WEB.ID "TETAP SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA" dan BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN,

Minggu, 20 Juli 2014

Pembelajaran Sumbang Saran (Brain Storming)



Brain Storming adalah suatu teknik atau cara pengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Ialah dengan melontarkan suatu masalah ke kelas oleh guru, kemudian siswa menjawab atau menyatakan pendapat, atau komentar sehingga mungkin masalah tersebut berkembang menjadi masalah baru. Atau dapat juga diartikan sebagai satu cara untuk mendapatkan banyak ide dari sekelompok manusia dalam waktu yang sangat singkat.

Dalam pelaksanaan metode ini tugas guru adalah memberikan masalah yang mampu merangsang pikiran siswa, sehingga mereka menanggapi, dan seorang guru tidak boleh mengomentari bahwa pendapat siswa itu benar/salah serta tidak perlu menyimpilkan. Guru hanya menampung semua pernyataan pendapat siswa, sehingga semua siswa di dalam kelas mendapat giliran, tidak perlu komentar atau evaluasi.
Murid bertugas menanggapi masalah dengan mengemukakan pendapat, komentar atau bertanya, mengemukakan masalah baru. Mereka belajar dan berlatih merumuskan pendapatnya dengan bahasa dan kalimat yang baik. Siswa yang kurang aktif perlu dipancing dengan pertanyaan dari guru agar turut berpartisipasi aktif dan berani mengemukakan pendapatnya.
Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh dalam penerapan sumbang saran (brain storming), yaitu:
a)      Guru mengemukakan suatu permasalahan, baik yang dibuat sendiri atau bersumber dari buku teks dalam bentuk soal cerita.
b)      Siswa menanggapi masalah yang diberikan dengan mencoba menyelesaikan soal cerita tersebut berdasarkan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita, sedangkan guru mengontrol kegiatan siswa.
c)      Siswa berkomentar atau bertanya jika didalam permasalahan tersebut ada yang belum dipahami atau dimengerti, tetapi guru hanya menampung semua pernyataan siswa.
d)     Guru hanya membimbing siswa untuk menyelesaikan soal    cerita tersebut, agar siswa tersebut belajar dan berlatih untuk menyelesaikan soal cerita tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Most Reading

Blogger templates