SALAM SELAMAT DATANG

"ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH" SELAMAT DATANG DI JELI.WEB.ID "TETAP SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA" dan BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN,

Sabtu, 19 Juli 2014

Sejarah SPSS



                        SPSS DAN KOMPUTER STATISTIK SPSS sebagai sofware statistik pertama kali dibuat tahun 1968 oleh tiga mahasiswa Stanford University,  yakni Norman H. Nie, C. Hadlai Hull dan Dale H. Bent. Saat itu software dioperasikan pada komputer mainframe. Setelah penerbit terkenal McGraw-Hill menerbitkan user manual SPSS, program tersebut menjadi populer. Pada tahun 1984, SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (bisa dipakai untuk komputer desktop) dengan nama SPSS/PC+, dan sejalan dengan mulai populernya sistem operasi Windows, SPSS pada tahun 1992 juga mengeluarkan versi Windows.
Dan untuk memantapkan posisinya sebagai salah satu market leader dalam business intelligence, SPSS juga menjalin aliansi strategis dengan software house terkemuka dunia lainnya, seperti Oracle Corp., Business Object, serta Ceres Integrated Solutions. Hal ini membuat SPSS yang tadinya ditujukan bagi pengolahan data statistic untuk ilmu sosial (SPSS saat itu adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences), sekarang diperluas untuk melayani berbagai jenis user, seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu-ilmu sains, dan lainnya. Dan kepanjangan dari SPSS sekarang menjadi Statistical Product and Service Solutions. Pengguna software SPSS di seluruh dunia juga sangat beragam, seperti HSBC Bank, ABN AMRO Bank, AC Nielsen (biro riset pemasaran terbesar di dunia), American Airlines, British Telecommunications, Deutsche Telekom, Canon UK, Credit Suisse, Unilever, University of Chicago, New York University, dan perusahaan besar lainnya. Saat ini SPSS tidak hanya menangani permasalahan statistik saja, namun sudah meluas ke data mining (mengeksplorasi data yang telah terkumpul) dan predictive analytic.
SPSS berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komputer dewasa ini, sampai saat ini dikenal SPSS Versi 16. Perbedaan antara versi sebelumnya dengan versi terbaru adalah kemampuan analisis serta menu-menu tampilan sebagai pelengkap dari versi sebelumnya. Kemampuan program ini adalah melakukan analisis statistik misalnya analisis regresi, korelasi, uji-t, uji-F, analisis factor, analisis validitas dan reliabilitas, serta dapat membuat berbagai grafik, dll.
Komputerisasi statistik telah menjadi harga mati di era informasi saat ini. Keberadaannya tidak bisa ditawar-tawar lagi mengingat tuntutan penyelesaian pengolahan data relatif lebih pendek. Dalam kondisi ini, SPSS  menjadi solusi yang tepat. Selain proses pengolahan data relatif lebih pendek. Dalam kondisi ini SPSS menjadi solusi yang tepat . Selain proses pengolahan data statisktik dapat dilakukan dengan cepat, hasil perhitungan pun memiliki akurasi yang tinggi dibanding jika harus melakukan perhitungan manual yang rentan dari kesalahan.
Persyaratan Hardware dan Software SPSS 15 for Windows
Sistem Operasi : Microsoft Windows XP atau Windows 2000
·         Procesor: minimal Pentium II
·         Memory: minimal RAM 256 MB
·         Kapasitas hard disk minimal 400 MB
·         VGA Monitor
·         Web browser: Internet Explorer 6

Tujuan
Tujuan dari analisis data menggunakan SPSS 15.0 For Windows adalah:
Untuk mengetahui cara analisis data dengan menggunakan SPSS 15.0 for Windows.
Untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan komputer 2.

Manfaat
Setelah melaksanakan praktek dan analisis data dengan menggunakan SPSS 15.0 for Windows, dapat kita peroleh manfaat:
Dapat menganalisis data dengan cepat dan berakurasi tinggi.
Dapat membantu mahasiswa untuk lebih mempersiapkan diri untuk menganalisis data pada skripsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Most Reading

Blogger templates