SALAM SELAMAT DATANG

"ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH" SELAMAT DATANG DI JELI.WEB.ID "TETAP SEMANGAT MENCERDASKAN BANGSA" dan BERMANFAAT UNTUK ORANG LAIN,

Sabtu, 19 Juli 2014

Uji Normalitas dan Statistik Deskriptif


A.    Uji Normalitas dan Statistik Deskriptif
1.      Uji Normalitas
Uji Statistik Parametrik harus memenuhi salah satu persyaratan bahwa sampel di ambil dari populasi yang berdistribusi normal. Distribusi normal lebih banyak berbicara tentang variabel acak kontinu dan variabel acak kontinu yang pertama serta berkaitan dengan uji parametrik adalah distribusi normal. Distribusi normal atau kurva normal atau pula disebut distribusi Gauss, merupakan salah satu yang paling sering digunakan terutama dalam uji statistik parametrik, hal ini mengingat salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk uji statistika parametrik.
Untuk menentukan Normalitas suatu data dengan program SPSS 15.0, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
Hipotesis:
H0: Data berasal dari populasi berdistribusi normal.
H1: Data berasal dari populasi yang tidak berdistribusi normal.
Langkah-langkah uji Normalitas:
§  Pilih menu Analyze - Descriptive Statistics - Explore.
§  Muncul kotak dialog Explore, pada Dependent List, isikan dengan variabel yang ingin diuji kenormalannya. Untuk kotak Display, pilih Both.
§  Klik tombol Plots, pada kotak dialog Explore: Plots cek pada pilihan Normality plots with tests kemudian klik tombol Continue.
§  Klik Ok

2.      Statistik Deskriptif
Statistik deskriptif merupakan gambaran keadaan suatu data secara umum. Analisisnya merupakan analisis yang paling mendasar dari statistik deskriptif itu sendiri. Analisis deskripsi meliputi analisis frekuensi, statistik deskriptif, eksplorasi data, tabel silang, analisis rasio, P-P Plots, dan Q-Q Plots.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Most Reading

Blogger templates